Recent Posts

Pengenalan Pemograman Berorientasi Obyek (OOP)

Object Oriented Programing (OOP)


Obyek adalah suatu bentuk yang dapat memiliki metode, property, perilaku (behavior), atribut, kejadian (event), dan sebagainya. Pemograman berorientasi obyek adalah metode pemograman yang menyusun suatu metode proses dan elemen lainnya menjadi sebuah obyek yang dapat berinteraksi dengan obyek lainnya. Sebagai contoh, sebuah obyek mobil memiliki metode, property, dan sebaginya.
Berikut ini adalah ilustrasi obyek mobil :


Obyek mobil
Attribute
-         warna
-         roda
-         kursi

Properti (Property)
-         Warna Merah
-         Roda empat
-         Kursi empat

Metode (method)
-         Putar kemudi
-         Pedal rem
-         Posisi roda
-         Berhenti
-         Belok kiri
-         Belok kanan

Kejadian (event)
-         Saat putar kemudi ke kiri, belok kiri
-         Saat belok kiri, posisi roda ke kiri
-         Saat pedal rem diinjak, berhenti


Kelas adalah suatu pembungkus (wrapper) komponen-komponen obyek seperti metode, property, atribut, dan sebagainya. Kelas memiliki sifat dapat mewarisi sifat, juga dapat menurunkan sifat. Kelas juga memiliki kemampuan untuk menjaga integrasinya serta turunannya. Enkapsulasi (encapsulation), dan polimorfisme (polymorphism).

 A. Pengenalan Kelas (Class)
 
Kelas adalah suatu pembungkus (wrapper) komponen-komponen obyek seperti metode, property, atribut, dan sebagainya. Kelas memiliki sifat dapat mewarisi sifat, juga dapat menurunkan sifat. Kelas juga memiliki kemampuan untuk menjaga integrasinya serta turunannya. Enkapsulasi (encapsulation), dan polimorfisme (polymorphism).
Berikut aturan penulisannya :

[ <attributelist>] [accessmodifier] [shadows] [ Mustinherit | NotInheritetable ] [partial]  Class name [(of typelist)]
  [Inherits classname]
  [Implements interfacenames]
  [statements]
End Class

Contoh Kelas ;

Public Class Mobil
     Dim  _warna As String
     Public Property Warna( ) As String
          Get
              Return _warna
          End Get
          Set (Byval value As String)
              _warna = value
          End Set
End Property
Public Sub Ganti warna ( )
          Warna = “Merah”
End Sub
End Class

 B. Penurunan Sifat (Inheritance)
 
Penurunan sifat (inheritance) adalah suatu kemampuan kelas untuk menurunkan sifatnya pada kelas  anak yang mewarisi sifatnya, seperti halnya anak yang mewarisi sifat orang tuanya. Dalam pemograman, kemampuan penurunan sifat digunakan untuk mengambil sebuah definisi suatu kelas yang sudah tersedia, sehingga tidak perlu menulis ulang sifat tersebut pada kelas yang baru. Berikut contoh penurunan sifat (inheritance) dan implementasinya :

Public Class KendaraanBermotor
     Public _warna As String
End Class

Public Clas Mobil
     Inhetitance KendaraanBermotor
     Public Property Warna ( ) As String
     Get
          Return _warna
     End Get
     Set (Byval value As String)
          _warna = value
     End Set
     End Property
     Public Sub GantiWarna ( )
          Warna = “Merah”
     End Sub
End Class

C. Enkapsulasi (Encapsulation)

Enkapsulasi adalah suatu pengaturan definisi hak akses terhadap kelas dan juga sebagai perlindungan kelas dari penggunaan di luar kelas.

  1. Public
Merupakan hak akses yang mengizinkan metode, property, atribut, dan lain-lain yang dapat diakses di luar kelas itu sendiri.

  1. Private
Merupakan hak akses yang mengizinkan metode, property, atribut, dan lain-lain yang hanya dapat diakses dalam internal kelas itu sendiri.

  1. Protected
Merupakan hak akses yang mengizinkan metode, property,atribut, dan lain-lain yang hanya dapat diakses oleh internal kelas itu sendiri maupun kelas turunannya.

  1. Friend
Merupakan hak akses yang mengizinkan metode, property, atribut, dan lain-lain yang hanya dapat diakses oleh semua kelas, pengguna kelas, maupun turunan kelas yang masih di dalam lingkup satu proyek.

  1. Shared
Merupakan hak akses yang mengizinkan metode, property, atribut, dan lain-lain yang dapat di akses langsung oleh pengguna kelas tanpa harus mendefinisikan instance kelas tersebut. 

 D. Polimorfisme (Polymorphism)
 
Polimorfisme atau juga di kenal dengan istilah overloading adalah kemampuan kelas untuk mendefinsikan sebuah metode dengan banyak funsi atau prilaku. Dengan mendefinisikan sebuah nama prosedur atau fungsi, maka kelas secara otomatis memilih parameter yang sesuai dengan definsinya. Berikut contoh polimorfisme (polymorphism) dan implementasinya:

Public Class Mobil
     Dim rodaberputar As Integer
     Public Sub Maju ( )
          rodaputar = rodaputar * 1
     End Sub

     Public Sub Maju (Byval langkah As Integer)
          rodaputar = rodaputar * langkah
     End Sub
End Class

E. Prosedur dan Fungsi

Prosedur dan fungsi adalah bagian dalam program yang mendefinisikan proses kerja yang di lakukan oleh klelas. Definisi prosedur adalah sub program yang melakukan proses tanpa pengembalian nilai, sedangkan fungsi adalah sub program yang melakukan proses serta mengembalikan nilah setelah proses selesai. Berikut contoh prosedur dan fungsi serta implementasinya :

Public Class Mobil
     Dim rodaberputar As Boolean = False
     Public Sub Jalan ( )
          rodaberputar = True
     End Sub
    
     Public Function Mundur ( ) As Boolean
          If rodaberputar Then
              Return False
          End If
          Return True
     End Function
End Class

F. Properti (Property)

Property adalah bagain dari kelas yang digunakan sebagai penyimpanan dan mengambil nilai. Berikut contoh property serta implementasinya.

Public Class Mobil
     Dim jumlahroda As Integer = 0
     Public property SetJumlahRoda ( ) As Integer
     Get
          Return jumlahroda
     End  Set
     Set (Byval value As Integer)
          jumlahRoda = value
     End Set
     End Property
End Class

G. Antarmuka (Interface)

Antarmuka (interface) adalah suatu bentuk definisi bentuk yang dikandung oleh kelas dan juga sebagai interaksi ataupun prosedur yang sifatnya sebagai acuan agar setiap pengguna kelas dapat dengan mudah mengetahui fungsi dan prosedur yang dimiliki oleh kelas tersebut. Berikut contoh antarmuka serta implementasinya :

Public Interface DbProsess
     Sub Maju ( )
     Sub Maju (Byval langkah As Integer)
End Interface

H. Kejadian (Event)

Kejadian (Event) adalah suatu metode pada kelas yang memberikan informasi tentang suatu kondisi kepada pengguna kelas agar mengetahui proses yang telah terjadi. Kejadian biasanya digunakan sebagai pemicu dan juga pemberitahuan pada pengguna kelas. Berikut contoh kejadian serta implementasinya :

Public Class Mobil
     Public Event MobilMaju ( )
     Public Sub Maju ( )
          RaiseEvent MobilMaju ( )
     End Sub
End Class

I. Delegasi (Delegate)

Delegasi (delegate) adalah bagian dari kelas yang menjadi tipe referensi pada pengguna kelas, juga digunakan sebagai tipe referensi umpan balik (feedback) yang diberikan kelas pada pengguna kelas. Berikut contoh delegasi serta implementasinya ;

Public Class Mobil
     Public Delegate Sub StatusMobil (Byval status As Boolean)
     Public Event MobilHidup As StatusMobil
     Public Sub Hidupkan ( )
          RaiseEvent MobilHidup (True)
     End Sub
End Class





Pengenalan Pemograman Berorientasi Obyek (OOP) Pengenalan Pemograman Berorientasi Obyek (OOP) Reviewed by Ali Kusumadinata on 2:35 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.