Pengenalan Pemograman Berorientasi Obyek (OOP)
Object Oriented Programing (OOP)
Obyek
adalah suatu bentuk yang dapat memiliki metode, property, perilaku (behavior),
atribut, kejadian (event), dan sebagainya. Pemograman berorientasi obyek adalah
metode pemograman yang menyusun suatu metode proses dan elemen lainnya menjadi
sebuah obyek yang dapat berinteraksi dengan obyek lainnya. Sebagai contoh,
sebuah obyek mobil memiliki metode, property, dan sebaginya.
Berikut
ini adalah ilustrasi obyek mobil :
Obyek mobil
Attribute
-
warna
-
roda
-
kursi
Properti (Property)
-
Warna Merah
-
Roda empat
-
Kursi empat
Metode (method)
-
Putar kemudi
-
Pedal rem
-
Posisi roda
-
Berhenti
-
Belok kiri
-
Belok kanan
Kejadian (event)
-
Saat putar kemudi ke kiri, belok kiri
-
Saat belok kiri, posisi roda ke kiri
-
Saat pedal rem diinjak, berhenti
Kelas
adalah suatu pembungkus (wrapper) komponen-komponen obyek seperti metode,
property, atribut, dan sebagainya. Kelas memiliki sifat dapat mewarisi sifat,
juga dapat menurunkan sifat. Kelas juga memiliki kemampuan untuk menjaga
integrasinya serta turunannya. Enkapsulasi (encapsulation), dan polimorfisme
(polymorphism).
A. Pengenalan Kelas (Class)
Kelas
adalah suatu pembungkus (wrapper) komponen-komponen obyek seperti metode,
property, atribut, dan sebagainya. Kelas memiliki sifat dapat mewarisi sifat,
juga dapat menurunkan sifat. Kelas juga memiliki kemampuan untuk menjaga
integrasinya serta turunannya. Enkapsulasi (encapsulation), dan polimorfisme
(polymorphism).
Berikut aturan penulisannya :
[
<attributelist>] [accessmodifier] [shadows] [ Mustinherit |
NotInheritetable ] [partial] Class name
[(of typelist)]
[Inherits classname]
[Implements interfacenames]
[statements]
End Class
Contoh Kelas ;
Public Class Mobil
Dim
_warna As String
Public Property Warna( ) As String
Get
Return _warna
End Get
Set (Byval value As String)
_warna = value
End Set
End
Property
Public
Sub Ganti warna ( )
Warna = “Merah”
End
Sub
End Class
B. Penurunan Sifat (Inheritance)
Penurunan
sifat (inheritance) adalah suatu kemampuan kelas untuk menurunkan sifatnya pada
kelas anak yang mewarisi sifatnya,
seperti halnya anak yang mewarisi sifat orang tuanya. Dalam pemograman,
kemampuan penurunan sifat digunakan untuk mengambil sebuah definisi suatu kelas
yang sudah tersedia, sehingga tidak perlu menulis ulang sifat tersebut pada
kelas yang baru. Berikut contoh penurunan sifat (inheritance) dan
implementasinya :
Public Class
KendaraanBermotor
Public _warna As String
End Class
Public Clas Mobil
Inhetitance KendaraanBermotor
Public Property Warna ( ) As String
Get
Return _warna
End Get
Set (Byval value As String)
_warna = value
End Set
End Property
Public Sub GantiWarna ( )
Warna = “Merah”
End Sub
End Class
C. Enkapsulasi (Encapsulation)
Enkapsulasi adalah suatu pengaturan definisi hak akses
terhadap kelas dan juga sebagai perlindungan kelas dari penggunaan di luar
kelas.
- Public
Merupakan hak akses yang mengizinkan metode, property,
atribut, dan lain-lain yang dapat diakses di luar kelas itu sendiri.
- Private
Merupakan hak akses yang mengizinkan metode, property,
atribut, dan lain-lain yang hanya dapat diakses dalam internal kelas itu
sendiri.
- Protected
Merupakan hak akses yang mengizinkan metode, property,atribut,
dan lain-lain yang hanya dapat diakses oleh internal kelas itu sendiri maupun
kelas turunannya.
- Friend
Merupakan hak akses yang mengizinkan metode, property,
atribut, dan lain-lain yang hanya dapat diakses oleh semua kelas, pengguna
kelas, maupun turunan kelas yang masih di dalam lingkup satu proyek.
- Shared
Merupakan hak akses yang mengizinkan metode, property,
atribut, dan lain-lain yang dapat di akses langsung oleh pengguna kelas tanpa
harus mendefinisikan instance kelas tersebut.
D. Polimorfisme (Polymorphism)
Polimorfisme
atau juga di kenal dengan istilah overloading adalah kemampuan kelas untuk
mendefinsikan sebuah metode dengan banyak funsi atau prilaku. Dengan
mendefinisikan sebuah nama prosedur atau fungsi, maka kelas secara otomatis
memilih parameter yang sesuai dengan definsinya. Berikut contoh polimorfisme
(polymorphism) dan implementasinya:
Public Class Mobil
Dim rodaberputar As Integer
Public Sub Maju ( )
rodaputar = rodaputar * 1
End Sub
Public Sub Maju (Byval langkah As Integer)
rodaputar = rodaputar * langkah
End Sub
End Class
E. Prosedur dan Fungsi
Prosedur
dan fungsi adalah bagian dalam program yang mendefinisikan proses kerja yang di
lakukan oleh klelas. Definisi prosedur adalah sub program yang melakukan proses
tanpa pengembalian nilai, sedangkan fungsi adalah sub program yang melakukan
proses serta mengembalikan nilah setelah proses selesai. Berikut contoh
prosedur dan fungsi serta implementasinya :
Public Class Mobil
Dim rodaberputar As Boolean = False
Public Sub Jalan ( )
rodaberputar = True
End Sub
Public Function Mundur ( ) As Boolean
If rodaberputar Then
Return False
End If
Return True
End Function
End Class
F. Properti (Property)
Property adalah bagain dari kelas yang digunakan sebagai
penyimpanan dan mengambil nilai. Berikut contoh property serta implementasinya.
Public Class Mobil
Dim jumlahroda As Integer = 0
Public property SetJumlahRoda ( ) As
Integer
Get
Return jumlahroda
End
Set
Set (Byval value As Integer)
jumlahRoda = value
End Set
End Property
End Class
G. Antarmuka (Interface)
Antarmuka
(interface) adalah suatu bentuk definisi bentuk yang dikandung oleh kelas dan
juga sebagai interaksi ataupun prosedur yang sifatnya sebagai acuan agar setiap
pengguna kelas dapat dengan mudah mengetahui fungsi dan prosedur yang dimiliki
oleh kelas tersebut. Berikut contoh antarmuka serta implementasinya :
Public Interface
DbProsess
Sub Maju ( )
Sub Maju (Byval langkah As Integer)
End Interface
H. Kejadian (Event)
Kejadian
(Event) adalah suatu metode pada kelas yang memberikan informasi tentang suatu
kondisi kepada pengguna kelas agar mengetahui proses yang telah terjadi. Kejadian
biasanya digunakan sebagai pemicu dan juga pemberitahuan pada pengguna kelas.
Berikut contoh kejadian serta implementasinya :
Public Class Mobil
Public Event MobilMaju ( )
Public Sub Maju ( )
RaiseEvent MobilMaju ( )
End Sub
End Class
I. Delegasi (Delegate)
Delegasi
(delegate) adalah bagian dari kelas yang menjadi tipe referensi pada pengguna
kelas, juga digunakan sebagai tipe referensi umpan balik (feedback) yang
diberikan kelas pada pengguna kelas. Berikut contoh delegasi serta
implementasinya ;
Public Class Mobil
Public Delegate Sub StatusMobil (Byval
status As Boolean)
Public Event MobilHidup As StatusMobil
Public Sub Hidupkan ( )
RaiseEvent MobilHidup (True)
End Sub
End Class
Pengenalan Pemograman Berorientasi Obyek (OOP)
Reviewed by Ali Kusumadinata
on
2:35 PM
Rating:
No comments: