Recent Posts

Pengenalan Visual Basic



PENGENALAN VISUAL BASIC 

1.1 Sejarah dan Perkembangan Visual Basic
 
Visual Basic berawal dari bahasa BASIC yang dikembangkan mulai dari tahun 1963. BASIC adalah singkatan dari Beginner’s All Purpose Symbolic Instruction Code. Sesuai namanya, bahasa BASIC dibuat untuk tujuan memudahkan pengguna agar dapat dengan mudah mempelajari, membuat, dan mengembangkan program komputer.



Visual Basic merupakan pengembangan lebih lanjut dari bahasa BASIC yang dilakukan oleh Microsoft. Visual Basic ditujukan sebagai perangkat untuk membuat dan mengembangkan program secara cepat (Rapid Application Development: RAD). Terutama jika menggunakan antarmuka berbasis windows (Graphical User Interface: GUI). 

Visual Basic 1.0 merupakan versi pertama Visual Basic dan dirilis pada tahun 1991. Visual Basic 1.0 ditujukan untuk sistem operasi Microsoft DOS. Selanjutnya diteruskan dengan Visual Basic 2.0 di tahun 1992, versi 3.0 tahun 1993, versi 4.0 tahun 1995, versi 5.0 tahun 1997, dan versi 6.0 tahun 1998.

Visual Basic 6.0 sangat populer dan masih banyak dipakai hingga saat ini. Sayangnya, dukungan terhadap Visual Basic 6 telah dihentikan oleh Microsoft mulai bulan Maret 2008. Namun, program yang dibuat dengan Visual Basic 6 masih dapat dijalankan pada sistem operasi terbaru seperti Windows Server 2008 maupun Windows Vista.  


Visual Basic .NET diluncurkan Februari 2002, merupakan penerus dari Visual Basic 6.0 dan menggunakan platform .NET yang berbeda dengan Visual Basic sebelumnya.


1.2 Pemrograman dengan Visual Basic 2008  

Ada beberapa terminologi yang sebaiknya diketahui dengan jelas.
  • Visual Basic, merupakan bahasa dan aturan pemrograman yang harus ditaati dalam menuliskan perintah-perintah agar program dapat dikompilasi.
  • Visual Studio 2008, merupakan aplikasi IDE (Integrated Development Environment) yang digunakan untu k mengembangkan software. Di dalam aplikasi IDE inilah tersedia berbagai fitur yang memudahkan pemrograman, seperti kompilasi, debugging, pengaturan projek, mengedit antarmuka secara visual, dll. Selain dengan Visual Studio 2008, Anda juga dapat menggunakan aplikasi IDE yang gratis tanpa biaya, yaitu dengan Visual Basic 2008 Express Edition. Aplikasi ini dapat diunduh (download) di internet melalui situs http://www.microsoft.com/exPress/download/. Bahasa untuk Visual Basic terus berkembang bersamaan yang dirilisnya aplikasi IDE terbaru. Aplikasi IDE untuk Visual Basic terus dikembangkan mulai dari versi 2002, 2003, 2005, dan 2008. Versi yang lebih baru dari Visual Basic hadir dengan perbaikan, serta aplikasi IDE yang lebih mudah dan lengkap. 
  • NET Framework, merupakan library dan virtual machine yang terus berkembang mengikuti teknologi  terbaru. Versi .NET Framework dimulai dari versi 1.0, 1.1, 2.0, 3.0, dan 3.5. Versi .NET yang terbaru biasanya dirilis dengan perbaikan serta dukungan terhadap teknologi baru sehingga semakin memudahkan pengembangan software
1.2.1 Visual Studio 2008     

Visual Studio 2008 hadir dengan beberapa versi, yaitu:
  • Team System, didesain untuk pemrograman di lingkungan korporasi dengan jumlah programmer yang besar.
  • Professional Edition, didesain untuk pemrograman yang melibatkan sedikit programmer.
  • Standard Edition, didesain untuk pemrograman standar yang bukan enterprise.
  • Express Edition, didesain untuk pemula yang baru belajar dan hobi dengan fasilitas yang sangat terbatas. 
Visual Studio tidak hanya mendukung bahasa Visual Basic saja, namun juga bahasa lain. Terutama C++ dan C#

1.2.2 Membuat Program dengan Visual Basic .NET  

Pemrograman dengan Visual Basic dibuat dengan beberapa tahap berikut:
  1. Menuliskan kode program dengan bantuan aplikasi IDE. Artinya, Anda menuliskan program menggunakan aplikasi Microsoft Visual Studio 2008 atau Visual Basic 2008 Express Edition.
  2. Mengompilasi kode program tersebut menjadi program yang dapat dijalankan/dieksekusi. Hasil kompilasi adalah instruksi CIL (Common Intermediate Language) atau MSIL (Microsoft Intermediate Language)  yang hanya dimengerti oleh kompiler JIT (Just In Time) dan tidak dapat dieksekusi langsung pada komputer.
  3. Penyebaran (distribusi) program di komputer dengan .NET Framework

      Tahapan dari penulisan kode program, kompilasi, 
      lalu eksekusi hasil kompilasi dengan JIT   
       

      MSIL atau sekarang disebut dengan CIL merupakan bahasa yang bersifat netral (tidak tergantung sistem operasi dan hardware komputer).

      Kompilasi JIT dilakukan oleh Common Language Runtime (CLR) untuk mengubah bahasa CIL yang bersifat netral (platform independent), menjadi kode yang dapat dibaca oleh perangkat keras (hardware) dan sistem operasi yang digunakan (platform sekarang).


      Tahap pengembangan software dengan Visual Studio 2008


      1.2.3 .NET Framework


      .NET Framework merupakan software kerangka kerja yang menghubungkan antara aplikasi .NET dengan sistem operasi yang secara garis besar terdiri dari.

      • Library, berisi kode-kode siap pakai dan banyak dibutuhkan olehpro grammer
      • Virtual machine, berupa aplikasi yang digunakan untuk menjalankan program hasil kompilasi

      Antara aplikasi .NET, .NET Framework, dan sistem operasi

      Sejarah perkembangan teknologi .NET dapat dilihat pada tabel  berikut:


       
      Perkembangan .NET


      Common Language Runtime (CLR) merupakan komponen.NET yang berfungsi sebagai virtual machine. Tugasnya adalah menjalankan kode MSIL/CIL sehingga berubah menjadinative code yang dapat dimengerti oleh sistem operasi dahardware yang digunakan sekarang. Selain itu, CLR juga mengatur memori, thread,exception (kesalahan),security (keamanan), dan garbage collection (menangani objek yang tidak lagi digunakan).


      Base Class Library (BCL) merupakan librari standar berupa kode-kode siap pakai yang dapat digunakan pada semua bahasa pemrograman dalam .NET. Di setiap rilis .NET Framework, BCL selalu berubah mengikuti teknologi terbaru. Dalam BCL inilah dikenal Namespace yang banyak dipakai seperti: System, System.Collections, System.IO, System.Text, dan masih banyak lagi.

      Winforms (Windows Forms) merupakan seperangkat API (Application Programming Interface) yang memberikan kemudahan untuk membuat aplikasi dengan interface grafis (komponen GUI).

      ASP.NET merupakan framework yang memudahkan programmer membuat situs dinamik, aplikasi web, maupun web services. ASP.NET merupakan penerus dari teknologi ASP (Active Server Pages).

      ADO.NET merupakan komponen .NET yang dapat digunakan olehprogrammer untuk akses data dan data services. ADO.NET merupakan bagian dari BCL.

      WPF (Windows Presentation Foundation) merupakan user interface (antarmuka) baru yang memanfaatkan XML dan vektor. WPF juga mendukung 3D termasuk teknologi Direct3D.

      WCF (Windows Communication Foundation) merupakan sistem berorientasi servis yang dapat digunakan program untuk beroperasi bersama dengan komputerremote (jarak jauh).

      WF (Windows Workflow Foundation), memungkinkan dibuatnya tugas otomatis (task automation) dan transaksi terintegrasi.

      Windows CardSpace, merupakan komponen software yang dapat digunakan untuk menyimpan identitas secara digital terutama untuk identifikasi dan transaksi.

      Language Integrated Query (LINQ), merupakan komponen .NET yang memungkinkan akses database secaranative. Data yang digunakan akan diubah dulu menjadi objek.

      ADO.NET Entity Framework merupakanobject-relational mapping (ORM) yang berfungsi untuk mengonversi data antara tipe sistem dalam database relasional dengan bahasa pemrograman berorientasi objek














       
      Pengenalan Visual Basic Pengenalan Visual Basic Reviewed by Ali Kusumadinata on 4:41 PM Rating: 5

      No comments:

      Powered by Blogger.